Blogger Widgets KPH BANYUMAS TIMUR

Kamis, 12 Februari 2015

RUMAH SINGGAH PENYADAP 
MEMACU PENINGKATAN PRODUKSI GETAH PINUS



BANYUMAS TIMUR,PERHUTANI (4/2) , Pondok hijau tempat tinggal/singgah penyadap yang terletak ditengah hutan petak 10i  Resort Pemangkuan Hutan Picung  Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Gunung Slamet Timur, Rabu  (4/2) kemarin spontan mendapat kunjungan tamu dari Divre  yakni Kepala Biro Produksi Divisi Regional Jawa Tengah Ir. Dwi Witjahjono,MBA.

Para penyadap  merasa senang dan bangga mendapat kunjungan tamu dari Divre meski awalnya agak kaget juga karena mereka tidak menyangka akan kedatangan tamu. Dalam kunjungannya Kepala Biro kali ini didampingi Kasi Produksi Non Kayu Luckyarto, Administratur/KKPH Banyumas Timur Wawan Triwibowo, Wakil Administratur Muhammad Arta, Kasi PSDH Kusmanto, dan Asper Gunung Slamet Timur Surwan. Tiba di lokasi rumah singgah disambut oleh KRPH Picung, Mandor dan para penyadap.

Kunjungan spontanitas  beliau kali ini adalah untuk melihat secara langsung dilapangan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh KPH Banyumas Timur dalam meningkatkan produktifitas getah pinus dan juga berdialog langsung  dengan para penyadap yang menempati rumah singgah dihutan Pt.10i RPH Picung BKPH Gunung Slamet Timur.

Rumah singgah penyadap ini merupakan bangunan non permanen yang sewaktu-waktu dapat dipindahkan dan dibangun dalam rangka menampung penyadap yang melakukan kegiatan sadapan di petak yang memiliki aksesbilitas rendah ( jauh dari pemukiman). Sehingga diharapkan melalui rumah singgah ini, petak-petak sadapan yang selama ini tidak disadap atau tidak rutin disadap menjadi lebih produktif.

Upaya-upaya yang dilakukan Asper Gunung Slamet Timur Surwan, saat ini sudah menunjukan hasil yang sangat menggembirakan, sampai dengan akhir Januari dari target 868.859 kg, BKPH Gunung Slamet Timur sudah mencapai 75.456 kg (8,7 %) jauh melampaui NPS 5 %. (Kom.Pht/ByT/Lita).

Dokumentasi


Gubug yang ditempati penyadap sebelum direnovasi


Rumah singgah penyadap yang dibangun



  

    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar