Blogger Widgets KPH BANYUMAS TIMUR: Hijaukan Dieng Dengan Berwisata

Minggu, 31 Januari 2016

Hijaukan Dieng Dengan Berwisata




Dieng Perum Perhutani ! Di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan suhu udara 16° Celsius. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan Perum Perhutani lakukan penanaman bersama bertajuk “Menanam Sambil Wisata” di sekitar Telaga Dringo - Dieng” di kawasan hutan petak 23a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Batur, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Karangkobar, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Selasa (26/1).
Kegiatan penanaman diikuti tidak kurang dari 500 peserta, terdiri dari Pemkab Banjarnegara, Kodim 0704, Polres, Satpol PP, Dinas/Instansi, Indonesia Power, PT. Geo Dipa, Camat, Kades,  Bakal Adventure, Bagana, Dieng Montain Unit, LMDH, Pelajar SLTP, SLTA dan Perum Perhutani. Luas lokasi penanaman 2,2  hektar, pangkuan LMDH Cemeti Alam Lestari Desa Pekasiran Kecamatan Batur. Pohon yang ditanam jenis Kopi Arabika 3000 plances, Salam 500 plances, dan Terong Dieng 500 plances.
Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan penghijauan di Banjarnegara akan terus dilakukan, karena berdasarkan pengamatan di Bendungan Panglima Besar Jenderal Soedirman (Waduk Mrica) tingkat erosi mengalami penurunan pada tahun 2015 dari 5,2 juta m3 turun menjadi 4 juta m3,” katanya
Jumlah bibit penghijauan yang ditanam sampai dengan awal tahun 2016 sudah lebih dari satu juta pohon, atas nama Pemerintah Daerah saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Perhutani, PT.Geodipa, Indonesia Power, LH, Dinhut, dan Dinas/Instansi lainnya. “Saya ingin Dieng kembali hijau, mari menanam sambil rekreasi.” ajak Wabub Hadi Supeno.











Dikin, 35 tahun seorang mandor Perhutani BKPH Karangkobar kini menikmati hidup lebih mapan, jika dibandingkan 10 tahun lalu sebelum bekerja di Perhutani. 

Dia adalah mandor persemaian, semenjak 2008 dia sudah berkecimpung dibidang pembibitan, dari menangani persemaian kebun bibit rakyat (KBR) tahun 2008 bekerjasama dengan dinas. Pada tahun 2011 masuk menjadi tenaga outsorsing di Perhutani. Bibit tanaman yang sudah dibuat lebih dari 3 juta plances. Dikin pun menuturkan rata rata setiap tahun dia membuat 400 ribu bibit tanaman sejak tahun 2008. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar