Blogger Widgets KPH BANYUMAS TIMUR

Kamis, 12 Februari 2015

PELESTARIAN POHON LANGKA
DI SEKITAR CURUG GOMBLANG




BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (25/1) 
Kegiatan Pelestarian Pohon Langka  Minggu (25/1)   diselenggarakan oleh Kader Konservasi Alam 
( KKA )  disekitar Curug Gomblang hutan pangkuan LMDH Wana Lestari desa Baseh RPH Karanggandul BKPH Gunung Slamet Barat KPH Banyumas Timur. 

Kegiatan ini melibatkan Perhutani KPH Banyumas Timur, LMDH Wana Lestari, Komunitas WONG APA Banyumas, Komunitas Durga Wana, Repital Satria Banyumas, Banyumas Komoenitas, OI Purwokerto, Manunggaling Warga Koenang-koenang, Pramuka Ambalan Dewakarti dan Wanabakti serta Remaja Putra Karang desa Baseh. 

Pada kegiatan Pelestarian Pohon Langka ini bertujuan memberikan kontribusi nyata pada pelestarian lingkungan dan kelestarian alam, juga dengan harapan agar hutan sebagai kawasan ekosistem punya banyak manfaat seperti : Kawasan dengan konsentrasi biodiversity, bentang lahan alami yang luas, Kawasan dengan ekosistim langka atau hampir punah, Penyedia jasa lingkungan yang penting, Kebutuhan dasar bagi masyarakat lokal dan Identitas budaya masyarakat lokal. 

Adapun tanaman yang ditanam pada kegiatan tersebut sebanyak 250 batang dengan jenis: Aren, Nagasari, Pucung, Damar, Alpukat, Salam, Jambu Biji, Manggis, Cempedak, Jinitri dan Kemiri.

Kepala Urusan Lingkungan KPH Banyumas Timur, Kuswoyo yang mewakili Administratur/KKPH dalam acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih pada panitia penyelenggara kegiatan penanaman tanaman langka disekitar Curug Gomblang yang secara tidak langsung membantu Perhutani dalam rangka penghijauan hutan, dan mengharapkan agar kegiatan ini menjadi monumen atau kenang-kenangan kita bersama dalam upaya pelestarian lingkungan dan alam.

Kegiatan ini dipandang berhasil dan efektif sebagai upaya menyampaikan informasi konservasi kepada masyarakat sekitar hutan.( Kom.PHT/BYT/Lita)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar