Blogger Widgets KPH BANYUMAS TIMUR

Kamis, 26 Februari 2015


PERHUTANI MENDENGAR ASPIRASI WARGA DESA MELUNG

BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (25/2)  Perhutani KPH Banyumas Timur, Pemerintah Desa dan LMDH  Pager Gunung  Desa Melung,  hari Rabu 25 Pebruari melakukan survei ke lokasi rencana tebangan jenis Damar tahun 2015 petak 57d  tahun tanam 1953 luas baku 24,4 Ha dengan rencana tebang di tahun 2015 seluas 4 Ha.

Kegiatan survei ini menindaklanjuti  pengaduan masyarakat Desa Melung  yang mengharapkan agar Perhutani membatalkan rencana penebangan di petak 57d RPH Karanggandul BKPH Gunung Slamet Barat KPH Banyumas Timur. 

Beberapa alasan masyarakat Desa Melung  yang mendasari tidak menginginkan adanya penebangan pohon di petak 57d adalah  berada di kawasan Bukit Cendana yang merupakan habitat beberapa satwa yang keberadaannya saat ini sudah langka. Satwa tersebut antara lain Elang Jawa dan Owa Jawa. Beberapa tahun yang lalu kawasan tersebut pernah dipilih sebagai tempat untuk pelestarian Elang Jawa. Banyak sumber mata air berada disana yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kehidupan sehari-hari dan mengaliri sawah. Jika dilakukan penebangan pohon dikhawatirkan akan rawan tanah longsor dan mengganggu habitat yang ada.

Berdasarkan hasil survei dan menanggapi harapan masyarakat, Administarur/KKPH Wawan Triwibowo menyampaikan petak 57d dengan jenis tanaman damar rencana ditebang tahun 2015, karena tanaman damar  tersebut sudah tidak ekonomis lagi, umur daur tanaman damar 50 tahun, sedangkan tanaman damar di petak tersebut sudah berumur 65 tahun. Namun demikian pada prinsipnya Perhutani siap membatalkan tebangan apabila ada berbagai pertimbangan dari masyarakat didukung surat permohonan pembatalan dari LMDH diketahui Kepala Desa, dan akan segera mengusulkan Revisi Rencana Tehnik Tahunan ( RTT ) ke Biro Perencanaan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. (Kom.PHT/ByT/Lita).

Administratur KPH Banyumas Timur 
bersama Pemerintah Desa dan LMDH Pager Gunung 
Desa Melung sedang melihat peta lokasi petak 57d


Foto bersama 
antara petugas Perhutani dengan Perangkat Desa dan LMDH Desa Melung


Foto Sungai Kalimanggis berbatasan dengan Pt.57d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar