Blogger Widgets KPH BANYUMAS TIMUR: Bangun Ribuan Hektar Hutan, KPH Banyumas Timur ajak KTH Satukan Komitmen

Sabtu, 18 Oktober 2014

Bangun Ribuan Hektar Hutan, KPH Banyumas Timur ajak KTH Satukan Komitmen



JATILAWANG (18/10) "Torehkan tinta sejarah dan telunjuk kita mampu menunjukkan itu adalah hutan yang kutanam'" sambut Administratur/KKPH Banyumas Timur, Wawan Triwibowo, S.Hut, MP sebelum dilaksanakan penandatanganan komitmen antara Ketua KTH, LMDH, perangkat desa, penyuluh pertanian dan petugas lapangan Perhutani di atas kain putih panjang. 

Acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan Job Training Tanaman yang dilaksanakan di atas hamparan tanah Petak 64 a RPH Pengadegan BKPH Jatilawang KPH Banyumas Timur. Sebagaimana tema kegiatan yaitu "Satukan Komitmen untuk Mewujudkan Keberhasilan Pembangunan Hutan", kegiatan dilaksanakan dalam rangka penyegaran dan menyatukan komitmen para ujung tombak kegiatan tanaman.

Dengan tagline "AYO MENANAM" Administratur memakaikan kaos untuk Ketua Kelompok Tani Hutan dan tamu undangan yang hadir pada acara tersebut. Keberhasilan tanaman merupakan kunci sukses kegiatan produksi di masa yang akan datang. Semakin tinggi persentase keberhasilan maka makin tinggi pula potensi pendapatan di masa depan.

Penyampaian materi dipandu oleh Kepala Seksi PSDH, Kusmanto, S.Hut. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa petugas lapangan harus menguasai betul kondisi lokasi tanaman sehingga perencanaan akan sinkron dengan realisasi di lapangan. Selain itu petugas lapangan harus mampu mengawal kegiatan tanaman sesuai teknis dan tata waktu yang telah ditetapkan dalam Standar Operasional Prosedur. Kegiatan tanaman pada tahun 2014 seluas 1.014,4 Ha memerlukan pengawasan yang baik. Oleh karena itu, dalam pengawasannya, petugas lapangan akan dibantu oleh Pembina Petak Tanaman. 

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek menentukan larikan (pasang acir), membuat lubang dan mencampurkan pupuk kandang dengan lapisan tanah atas (top soil). Dibagi menjadi 5 (lima) regu yang merupakan kelompok BKPH, BKPH Jatilawang tampil sebagai kelompok terbaik dalam praktek Job Training Tanaman. Mari tinggalkan mata air untuk anak cucu kita, bukan air mata. (Fanani)


Dokumentasi Kegiatan

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar