Blogger Widgets KPH BANYUMAS TIMUR: Undian Gebyar Sadapan Berhadiah

Sabtu, 13 September 2014

Undian Gebyar Sadapan Berhadiah


KPH BANYUMAS TIMUR BATURRADEN (19/7) Puncak Acara Gebyar Sadapan Berhadiah KPH Banyumas Timur berlangsung meriah. Acara yang diadakan bersamaan dengan penyerahan SK Peningkatan Status jalur Kompetensi dan pembinaan Kelompok Tani Sadap (KTS) ini, dihadiri oleh segenap jajaran manajemen KPH, Asper/KBKPH, Mantri/KRPH dan seluruh Ketua KTS lingkup KPH Banyumas Timur. Bertempat di Bangsal Kertiwana Bumi Perkemahan Baturraden, acara dimulai dengan paparan kinerja getah pinus s.d Semester I oleh Administratur/KKPH Banyumas Timur, Wawan Triwibowo. Rapor kinerja produksi getah pinus per LMDH maupun per KTS yang disusun dengan Sistem Informasi Produksi (SIP) juga dipaparkan dalam rangka memotret dan memotivasi semangat para ketua KTS.
      Lebih lanjut disampaikan Administratur/KKPH Banyumas Timur, bahwa Gebyar Sadapan Berhadiah yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari sd 15 Juli dalam rangka memotivasi penyadap untuk meningkatkan produksi getah pinus selama musim penghujan. Setiap penyadap yang menyetorkan getah pinus 50 kg (setara 1 pikul) akan memperoleh 1 kupon putih yang berhak mengikuti undian Hadiah Hiburan. Hadiah Hiburan ini meliputi : 5 buah kompor gas, 6 buah magic com, 7 buah VCD player, 8 buah kipas angin, 9 buah setrika, 60 paket sembako, 100 pasang sepatu dan 100 buah kaos. Penyadap yang sudah memiliki 10 (sepuluh) kupon putih berhak memperoleh 1 kupon biru, dan kupon biru inilah yang akan diundi untuk memperebutkan Hadiah Utama berupa : 4 buah televisi, 3 ekor kambing dan 1 unit Sepeda Motor.
      Berdasarkan data angkutan getah pinus ke PGT, ternyata Gebyar Sadapan Berhadiah mampu meningkatkan produksi getah pinus di KPH Banyumas Timur dibandingkan tahun tahun lalu. Data sampai dengan periode I Februari (sebelum ada kegiatan Gebyar Sadapan Berhadiah) angka pengiriman getah ke PGT tahun 2014 hanya mencapai 257.224 kg atau tertinggal 60.873 kg dibandingkan periode yang sama tahun 2013 yang mencapai 318.097 kg. Akan tetapi data pengiriman getah ke PGT sampai dengan periode  Juli 2014 mampu mencapai 1.978.001 kg atau meningkat 313.033 kg (118,8%) dibanding periode yang sama Juli 2013 yang hanya mencapai 1.664.968 kg.
      Pada penghujung acara yaitu penarikan hadiah utama berupa 1 (satu) unit sepeda motor Yamaha Vega RR, seorang penyadap yang beruntung bernama Feri yang berhak membawa pulang sepeda motor tersebut. Feri merupakan gambaran sosok penyadap muda asal RPH Kebasen BKPH Kebasen, karena di usianya yang baru menginjak 21 tahun sudah menekuni kegiatan sadapan dengan baik. Ketekunannyalah yang membawa keberuntungan sehingga dapat memperoleh hadiah utama pada Gebyar Sadapan Berhadiah yang diadakan di KPH Banyumas Timur tahun ini. Hadiah diserahkan langsung ke rumah yang bersangkutan di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen oleh Administratur/KKPH Banyumas Timur didampingi Kepala Seksi PSDH KPH Banyumas Timur, Kusmanto dan Asper/KBKPH Kebasen, Aziz. Disaksikan Kepala Desa dan ketua LMDH, Fery berulang kali menyatakan ketidakpercayaannya dapat memperoleh hadiah utama. “Kula kayak ngimpi Pak, isa olih sepeda motor kiye. Motore arep dienggo dhewek, ora arep didol. Apa maning pajak wis ditanggung Perhutani”. Lebih lanjut yang bersangkutan berjanji akan lebih rajin lagi dalam melakukan penyadapan getah pinus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar